Selasa, 22 April 2008

KUALITAS MELIHAT CALON PEMIMPIN


KUALITAS UNTUK MELIHAT CALON PEMIMPIN
(JOHN C MAXWELL)

Karakter; orang yang memiliki karakter baik adalah orang yang jujur, setia, dapat mndisiplin diri, mau diajar, dapat diandalkan, tekun, kesadaran dan etika kerja keras.
Pengaruh; kualitas pengikut mencerminkan kualitas sang pemimpin. Semua pemimpin harus tahu kemana mereka akan melangkah dan setiap pengikut sebaikny tahu dengan pasti bahwa mereka berada di belakang seorang pemimpin yang tahu apa yang harus dia lakukan.
Tingkah laku positif; orang seperti ini mampu pergi ke tempat-tempat yang sulit dan melakukan apa yang tak mampu orang lain lakukan. Mereka tidak dibatasi dengan kekurangan diri mereka sendiri. Seorang yang memiliki pengertian bahwa perjalanan hidup ini merupakan suatu sukacita yang harus dinikmati sebagai tujuan hidup.
Orang yang memiliki skill/kemampuan sempurna; seorang pemimpin tanpa orang-orang berpotensi cepat atau lambat akan kehilangan pengikut. Kesempurnaan tersebut termasuk memiliki perhatian sejati terhadap sesame, kemampuan untuk mengerti keberadaan orang lain dan mengambil keputusan untuk suatu langkah positif dari suatu interaksi dengan kebutuhan pokok orang lain.
Karunia-karunia yang jelas; setiap orang memiliki karunia dari Tuhan.

Catatan dari pengalaman, kita harus belajar dari pengalaman:

Percaya diri; orang tertarik secara alami pada seorang pemimpin yang dapat membawa orang lain turut percaya diri. Seorang pemimpin yang baik dapat membuat para pengikut percaya akan kemampuannya dan seorang pemimpin besar memiliki kemampuan membuat pengikutNYA percaya akan diri mereka.
Disiplin diri sendiri; kesuksesan tidak datang instant, untuk meraih kemenangan ada harga yang harus dibayar. Aku harus mengambil pilihan untuk merasakan “sakitnya” disiplin yang datang dai pengorbanan dan pertumbuhan.
Memiliki kemampuan komunikasi yang efektif; miliki kepedulian pada mereka, maka mereka akan mau mendengarkan perkataanmu. Kita juga harus menjadi responden yang baik sebagai kawan bicara. Mampu berbicara dengan semua jenis orang. Pandang mata lawan bicara anda dan tersenyumlah.
Tidak merasa puas dengan keadaan yang tetap/monoton.

Tidak ada komentar: