Sabtu, 19 Januari 2008

Laporan pelayanan selama 7 bulan melayani di Bandung




LAPORAN PELAYANAN THE EAGLES NEST MINISTRIES
JUNI – JANUARI 2007
Kasih karunia Tuhan beserta dengan kami saat hendak pindah dari pelayanan sebelumnya di Gereja Oikos Surabaya ke kota Bandung. Setahun sebelumnya Tuhan telah telah berbicara pada saya maupun istri untuk memulai pelayanan yang baru di kota Kembang, Bandung. Saat kami berdoa, banyak yang mendukung agar kami melangkah dengan iman sesuai pimpinan Roh Tuhan, namun ada pula yang meminta kami untuk berpikir baik-baik sebab di Bandung harus memulai dari awal lagi. Setiap saran dan masukan, kami terima dengan senang hati sebab itu merupakan tanda setiap saudara seiman mengasihi keluarga kami.
Saat waktu sudah mendekati masa kepindahan, kami belum tahu bagaimana caranya pindah sebab kami tidak punya uang yang cukup. Namun Tuhan lalu menggerakkan seorang sahabat dalam pergerakan gereja rumah, seorang rekan penatua, untuk memberkati kami hingga kami dapat pindah. Bukan saja pindah tetapi dari uang itu kami juga dapat mengirim barang-barang, menyewa rumah sederhana dan memasukkan putra kami, Philip ke SDK Baptis, kelas 2. Ada pergumulan dan beberapa penyesuaian kembali saat tiba di Bandung dari faktor bahasa yang berbeda, budaya dan kondisi spiritualitas atas kota.
Selama di kota Bandung, kami telah berjejaring dan berkenalan dengan rekan-rekan penatua pergerakan gereja rumah kota Bandung(Guntur Barus, Stevanus Herry, Henry Tan, Pdt. Andreas Setiawan, Adil, Dudung Hadi, dll), juga dengan Pdt. Rubin Adi Abraham (GBI Kharisma), Ps Edo Lantang (GISI), Pdt Yahya dan Bpk Suwita Antoro (GKB Cibadak), Bpk Godlief (GBI Api KemuliaanNya), Bpk Anang Sth (Gereja Toraja), PD Wanita SD-SMP Kristen Baptis, Abraham Bessie dan Laban (Gereja Vineyard Bandung), Pnt RTL Panggabean SE MDiv (HKBP Resort Bandung Riau), Irnawan Silitonga (Gema Sion Ministries Jakarta), Emanuelle Abrea (gereja rumah Filipina), Pdt Julianto Simanjuntak (LK3 Jakarta), J Solomon Kostelnik (The Prophetic Voice Institute USA), Ibu Debora (Radio El Shadai Solo) dan Ibu Dyah (pendoa syafaat dari Pati).
Sebuah gereja di Jakarta yang tadinya mau menjadi donator tetap kami tanpa penjelasan menarik diri. Saat itu salah seorang saudara seiman di Surabaya yang mengetahui pergumulan kami mengucurkan dana untuk usaha agar kami dapat meneruskan pelayanan dan hidup di kota Bandung. Namun setelah kurang lebih dua bulan mencoba usaha, kondisi kami merugi dan akhirnya bangkrut. Hingga akhirnya kini saya menjadi seorang penulis freelance untuk sebuah renungan harian, majalah dan tabloid. Kami tetap berdoa agar kondisi financial kami dapat segera stabil kembali.
Pada bulan Oktober-November 2007, kami sempat merintis sebuah persekutuan bagi anak-anak remaja, mayoritas anak-anak SMPK Baptis. Namun karena ada kendala keuangan dan juga perbedaan pandangan dengan rekanan pelayanan yang baru saat itu maka pelayanan tersebut berakhir. Cukup disayangkan sebab ada seorang anak muda dari kaum Kedar dan seorang pemudi dari Hindu yang antusias ikut bersekutu. Kami pada akhirnya hanya dapat melakukan pemuridan secara perorangan saat kami berjumpa anak-anak remaja ini kala menjemput putra kami di sekolah. Sebagai informasi, letak SD dan SMP Kristen Baptis berada di satu area namun berbeda gedung.
Pada mulanya kami hendak memulai sebuah persekutuan doa untuk umum dan juga tempat konseling, saat pertama pindah kami diterima oleh satu keluarga yang meresponi dengan baik setelah kami melayani konseling masalah rumahtangga dan pertumbuhan anak-anak remaja mereka. Keluarga ini memberikan tempat tinggalnya untuk kami gunakan sebagai tempat pelayanan sebab itu merupakan nazar mereka di hadapan Tuhan bahwa rumah yang mereka tinggali mau mereka serahkan untuk pekerjaan Tuhan bila terjadi pemulihan dalam rumah tangga mereka. Namun saat kami hendak memulai persekutuan tersebut, tuan rumah takut bila tempat tinggal mereka di demo warga bila tahu ada pelayanan.
Sebenarnya kami mau saja menggunakan rumah sewaan sederhana ini, namun tidak memungkinkan. Sebab rumah yang kami sewa setahun ini sebenarnya rumah kost dengan tiga kamar tidur. Satu kamar seharga 2,5 juta rupiah/tahun. Kami menyewa dua kamar tidur saja berhubung dana yang terbatas, satu kamar menjadi kamar tidur kami bertiga dan satu kamar lagi menjadi ruang kerja, belajar anak, perpustakaan, tempat setrika dan tempat penyimpanan pakaian. Bila ada tamu maka kami terima di teras rumah dan berharap tidak turun hujan.
Tidak adanya fasilitas, tidak membuat kami surut. Kami tetap berdoa, mengucap syukur atas apa pun yang ada pada kami dan tetap berjuang. Untuk saat ini kami menggunakan media dunia maya dan tulisan untuk melakukan pelayanan. Saya tetap melakukan pelayanan melalui beberapa mailing list yang saya asuh sendiri di Yahoo Groups; diantaranya Simple Church, Outreach Fellowship International dan Global Prayer Network. Dan juga aktif di beberapa mailing list lainnya seperti Pustaka Lewi, Pendetaku, Pelayan Tuhan, Murid Kristus, More In Jesus, Musik Kristen Kontemporer, Terang Dunia, dll.
Untuk usaha penjangkauan, Friendship Evangelism, saya dan istri bergabung dengan beberapa website untuk membina persahabatan seperti Friendster, Hi5, Myspace, Christian Vibes, Bergaul, dll.
Baru-baru inipun saya membuat beberapa blog di Blogger.com untuk memperluas pelayanan melalui media internet ini:
http://renungandave.blogspot.com/ (renungan kehidupan pribadi yang saya tuangkan dalam tulisan)
http://gerejaperjanjianbaru.blogspot.com/ (sebuah perjalanan pribadi dalam pencarian arti sebuah gereja yang dimaksud Tuhan)
http://davebroos.blogspot.com/ (sebuah blog berbahasa Inggris mengenai pertobatan dan apa yang saya percayai dalam hidup bergereja)
http://3a9l35-n35t.blogspot.com/ (blog pelayanan The Eagles Nest Ministries)
http://zoeministries.blogspot.com/ (blog yang kami persembahkan bagi “orangtua rohani” kami Ps Christopher K & Vijaya)
http://9u4rd14n-4n93ls.blogspot.com/ (blog departemen profetik, Guardian Angels, The Eagles Nest)
http://globalprayernetwork.blogspot.com/ (blog departemen doa, Global Prayer Network, The Eagles Nest)
Kami menggunakan media internet sebab lebih murah, menggunakan warnet di dekat tempat kami tinggal, paling tidak seminggu sekali. Kami membuat tulisan baik untuk media cetak maupun untuk dipublikasikan melalui internet.
Ada orang yang menyatakan,”You must work smarter.” Kami coba mengembangkan apa pun yang dapat kami kerjakan meskipun tidak memiliki fasilitas. Kepercayaan kami akan pertolongan Tuhan tidak pernah akan pupus.
Di pertengahan Desember, kami mengucap syukur sebab putra kami dapat mengikuti pendidikan di SDK Baptis dengan rata-rata nilai 8,8. Sebuah penghiburan bagi keluarga kami di tengah pelayanan. Meski harus tetap berjuang lebih keras untuk pelajaran Bahasa Sunda yang hanya dapat nilai 6,3. Saya cukup bangga sebab ia harus belajar sebuah bahasa baru lagi setelah selama ini di Surabaya belajar Bahasa Jawa.
Pada bulan Desember kami sekeluarga berdoa dan menegaskan sekali lagi apa nama pelayanan, visi, misi, nilai-nilai dan strategi apa yang hendak dikerjakan di tahun 2008.
Dan inilah hasilnya :
THE EAGLES NEST MINISTRIES
OUR VISION:
“MEMBERITAKAN KABAR BAIK, MEMURIDKAN & MENGUTUS SETIAP ANAK TUHAN UNTUK “MENJADI” GEREJA DIMANA PUN MEREKA BERADA”
OUR MISSION:
MEMPERKENALKAN PENGHARAPAN & KASIH BAPA SURGAWI PADA DUNIA TERHILANG
MEMULIHKAN & MEMURIDKAN MEREKA YANG BERKOMITMEN UNTUK BERTUMBUH DALAM KRISTUS
MELATIH DAN MENGUTUS MURID KRISTUS SEBAGAI AGEN PERUBAHAN KE SELURUH DUNIA
MELIHAT TERANG TUHAN BERSINAR DIMANA-MANA MENERANGI DUNIA SAMPAI TUHAN DATANG KEMBALI
OUR VALUES:
MENGENAL KRISTUS & MENGHIDUPI FIRMAN TUHAN SEBAGAI FONDASI KEHIDUPAN (YOH 1:12, 17:3, RM 8:29, 2 KOR 5:21, 2 TIM 3:16-17, 2:15)
MEMEGANG JANJI SUCI PERNIKAHAN & MEMPERKENALKAN KRISTUS PADA ANAK-ANAK SEJAK DINI (MRK 10:6-8, EF 5:22-6:4, AMS 16:6, MRK 10:9, 1 TES 4:3-8, 1 KOR 6:18-20)
KELOMPOK KECIL SEBAGAI KELUARGA BAGI PERTUMBUHAN KEROHANIAN (MAL 4:5-6, 1 KOR 4:15-17, 12:18, EF 4:16, MZM 133, 2 PTR 1:12-13, 2 TIM 2:2, KIS 2:17, YER 31:13
MULTIPLIKASI & REPRODUKSI TERJADI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI & PELAYANAN (KIS 9:31, MRK 4:20, KIS 11:19-30, 13-15)
HUBUNGAN SEBAGAI ORGANISME DALAM PEMBANGUNAN KERAJAAN TUHAN (KIS 2:42-47, EF 4:16, GAL 5:13, 1 PTR 2:5)
TIAP ORANG PERCAYA ADALAH IMAM & PELAYAN TUHAN (WHY 1:5-6, 1 PTR 4:9, EF 4:11-12, TIT 1:5, 1 TIM 4:12-14)
KAMI PERCAYA PADA HIDUP BERKELIMPAHAN, BERKEMURAHAN HATI DAN INTEGRITAS (3 YOH 2, MAT 23:23, IBR 7:4-7, MAL 3:8-11, KIS 11:29-30, 2 KOR 8:20-21)
AMANAT AGUNG AKAN DIGENAPI MELALUI DOA, PENGINJILAN, PEMURIDAN, PENANAMAN GEREJA, DUNIA PEKERJAAN DAN PELAYANAN KASIH (MAT 28:19-20, 6:5-18, KIS 1:8, RM 11:11-15, 11:28-31, 1 KOR 3:6-9, MAT 11:12, 2 KOR 10:3-4, KIS 14:21-23, 1 KOR 9:19-22, UL 14:28-29, 26:10-12, MAT 25:31-46, YAK 1:27, AMS 19:17)
KITA DIPANGGIL MEMBANGUN KERAJAAN TUHAN BERSAMA ANGGOTA TUBUH KRISTUS LAINNYA (MAT 6:33, EF 4:1-6, YOH 17, MZM 133, 1 KOR 12, KIS 2:44-45, RM 14:5, MAT 28:19-20, AM 3:3, 1 KOR 1:10, 15:10)
OUR STRATEGIES:
1. DEPARTEMEN PELAYANAN DOA & KONSELING:
GLOBAL PRAYER NETWORK, PELAYANAN DOA SYAFAAT SECARA GLOBAL:
Persekutuan doa bagi tiap pribadi yang butuh dukungan doa, syafaat bagi gereja teraniaya dan suku terabaikan.
Berjejaring dengan Global Prayer Network – Johan Maasbach Wereld Zending, Jaringan Doa Nasional, PD Timotius, Open Doors, Voice of Martyr, WEC, dll.
Menyebarkan kartu doa bagi mereka yang butuh dukungan doa pribadi atau institusi.
THE HELPING HAND PROJECT, PELAYANAN KONSELING KRISTIANI & TERAPI KELOMPOK:
Pelayanan konseling melalui telpon, surat menyurat, tatap muka (dengan perjanjian), e-mail dan yahoo messenger.
Pertemuan terapi kelompok sesuai permasalahan.
Layanan ini diinformasikan/dipublikasikan melalui perorangan, internet dan majalah kristiani.
Berjejaring dengan LK3
HOUSE OF HEALING & RESTORATION,
PERSEKUTUAN PEMULIHAN DAN KESEMBUHAN ILAHI:
Persekutuan pemulihan luka bathin dan kesembuhan ilahi
Mempelajari dasar Firman Tuhan mengenai luka-luka bathin dan janji kesembuhan ilahi
Kelompok doa dengan nilai kekeluargaan dimana tiap anggota saling mendoakan untuk pemulihan dan kesembuhannya.
Berjejaring dengan Jesus Christ Ministries, LK3, Healing Rooms Ministry & Robert Fitts Ministries
2. DEPARTEMEN PELAYANAN KASIH DAN PENGINJILAN:
THE GUARDIAN ANGELS,PELAYANAN PROFETIK PRAKTIS/MENYUARAKAN STANDAR MORIL:
Suatu pergerakan profetis praktis dalam hal moril dan etika kristiani
Pro-life movement
Wait Til Marriage (virginity movement)
Against Pornography
Against violence
Memerangi narkoba dan bahaya AIDS
Anti trafficking
GENERASI TANPA AYAH,PELAYANAN KHUSUS BAGI ORANG YANG BERLATAR BROKEN HOME:
Pelayanan khusus bagi anak-anak yang dibuang oleh orangtuanya, anak-anak broken home, anak geng, anak yang diusir dari rumah dan remaja bermasalah.
Menyediakan panti asuhan dan youth’s shelter dengan nilai kekeluargaan.
FRIENDSHIP EVANGELISM:
Penjangkauan yang paling efektif adalah penginjilan melalui persahabatan
Langkah penginjilan yang persuasif pada saudara, kerabat dan sahabat di mana mereka berada
Kelompok penginjilan praktis dan alami
SOMEONE CARES, MERCY MINISTRY:
Pelayanan kasih dalam bentuk perhatian & bantuan sandang pangan papan pekerjaan bagi anak-anak panti asuhan, orangtua di panti werda, anak jalanan, gelandangan dan keluarga miskin
Pelayanan kasih bagi korban bencana
Pelayanan kasih bagi anak,wanita & pria korban pemerkosaan, pelecehan seksual, KDRT & trafficking
SHADOW OF THE CROSS, MINISTRY TO THE SUBCULTURES:
Pelayanan khusus menangani anak-anak subkultur seperti anak geng, punk, goth dan subkultur lainnya yang berkembang di perkotaan.
Berjejaring dengan Shadow of the Cross – Amerika Serikat.
3. DEPARTEMEN PEMURIDAN, PELATIHAN DAN JEJARING:
EAGLES NEST DISCIPLESHIP, PEMURIDAN DAN PEMBAPAAN
Kelompok pendalaman Alkitab & pemuridan
Materi dasar kekristenan yang praktis & mengajarkan prinsip Kerajaan Allah/ Pengajaran Para Rasul
Kelompok pemuridan melalui pembapaan & mentoring untuk pertumbuhan yang lebih baik
Bagi peserta yang telah lulus mengikuti sebuah kelas mendapatkan sebuah sertifikat dan izin mengajar topik tersebut.
Berjejaring dengan Zoe Ministries (School of Prophet and Prophetess), Pondok Penuai, Cathedral University, The Prophetic Voice Institute, Street University dan Institut Konseling Parenting Terapan
THE BODY BUILDING,PELAYANAN JARINGAN DIMANA KAMI BERJEJARING DENGAN GEREJA / YAYASAN LAIN BAGI PELEBARAN KERAJAAN ALLAH:
Jejaring dengan anggota tubuh Kristus yang lain sebab kita satu tubuh dan perlu bergerak & bekerja bersama agar Kerajaan Allah diperluas di muka bumi.
Telah berjejaring dengan DAWN Ministries-North America, Zoe Ministries - Malaysia, Shadow of the Cross - USA, Global Prayer Network-Johan Maasbach Wereld Zending - Netherland, Outreach Fellowship International - USA, Youth Minister Fellowship - Indonesia, Gereja Oikos Indonesia - Surabaya, Penatua gereja rumah Surabaya, Jakarta & Bandung, Cathedral University -USA, Street University - USA, Jesus Christ Ministries - Indonesia, LK3 – Jakarta/Indonesia, Bold Christian Living - USA, Church Without Walls International(CWOWI) – USA, Vineyard Church Bandung, Grain of Wheat – USA, The Early Church – USA, House 2 House – USA, Gereja Rumah Phillpines dan The Prophetic Voice Institute - USA.
THE SCHOOL OF MISSION & CHURCH PLANTING:
Sekolah Alkitab yang menekankan pada pemuridan dan penggenapan Amanat Agung melalui penanaman gereja di rumah, sekolah/universitas dan market place
Berjejaring & bekerjasama dengan Cathedral University, Street University, Zoe Ministries, Pondok Penuai, LK3, Bold Christian Living dan The Prophetic Voice Institute.
4. DEPARTEMEN PENANAMAN GEREJA & PASTORAL
SIMPLE CHURCH; PELAYANAN PENANAMAN GEREJA & PASTORAL DALAM KELOMPOK KECIL DIMANA SAJA/TEMPAT YANG MEMUNGKINKAN:
Pelayanan penanaman gereja & pastoral dalam kelompok kecil dimana saja/tempat yang memungkinkan oleh kaum awam / kepala rumah tangga
Mengikuti teladan gereja mula-mula / Perjanjian Baru
Kepemimpinan oleh penatua dibantu diaken.
SIMPLE CHURCH NETWORK; PELAYANAN JARINGAN ANTAR KOMUNITAS KECIL:
Sebagai wadah jejaring antar komunitas kecil untuk saling menguatkan, menolong & memperlengkapi; juga menjaga kesatuan sebagai Keluarga Allah dalam visi, missi, nilai dan strategi.
Dimana sebulan sekali diadakan pertemuan bersama antar penatua & juga komunitas kota, secara berkala akan diperlengkapi oleh tim apostolik/pelayanan lima jawatan dari dalam maupun luar negeri.
Diharapkan melalui jejaring ini “gereja kota” berdampak bagi kota dimana mereka tinggal melalui pelayanan holistik hingga nama Bapa di sorga dipermuliakan
Berjejaring dengan Youth Minister Fellowship, DAWN Ministries, Outreach Fellowship International, ZoĆ« Ministries, Bold Christian Living, The Early Church, A Grain Of Wheat, House 2 House, Gereja Rumah Indonesia, Gereja Oikos Indonesia – Surabaya.
Akhir Desember 2007, kami berdoa dan mulai membuat departemen doa dan konseling, The Helping Hand. Pada awal tahun yang baru ini surat kami dimuat di rubrik Surat Pembaca, Majalah Bahana edisi Januari 2008, mengenai pelayanan pemulihan wanita. Puji Tuhan, ada respon dari Ibu Debora – Radio El Shadai Solo, yang meminta istri saya (Novie Durant) memberikan kesaksian untuk disampaikan pada acara “pemulihan wanita”. Juga seorang pendoa syafaat dari kota Pati- Jawa Tengah, Ibu Dyah dan tim doanya, yang memberi diri sebagai rekan doa kami. Kini ia mulai melayani beberapa konseli yang berasal dari Bandung, Jakarta, Balikpapan, Makasar dan kota –kota lainnya.
Istri saya, Novie Durant, pun telah memulai pelayanan one to one counseling pada ibu-ibu yang membutuhkan konseling dan doa pribadi di sekolah. Mengadakan kunjungan pada ibu-ibu yang sakit, memotivasi, menasehati dan mendoakan mereka.
Dari departemen jejaring, The Body Building, hasil dari pembangunan jaringan dengan beberapa pelayanan, saya pun ditunjuk menjadi rekan kerja dari DAWN Ministries - North America dan Outreach Fellowship International. Dua lembaga ini bergerak dalam bidang penanaman gereja dan pemuridan. Selain itu saya pun diutus oleh lembaga pelayanan bagi kaum subkultur Shadow of The Cross Amerika Serikat untuk menjadi Overseer Ministry mereka di Indonesia. Ada pun kami berjejaring sebagai rekanan tanpa ada ikatan atau pun bantuan financial. Kami bergerak bersama sebagai keluarga tubuh Kristus untuk memperlebar Kerajaan Tuhan. Kerjasama karena memiliki visi dan misi yang sama bukan dilandasi uang atau motivasi yang salah.
Hasil kerjasama dengan DAWN dan OFI, kami membuat departemen penanaman gereja dan pastoral, The Simple Church. Sedangkan hasil dari kerjasama dengan Shadow of the Cross, lahirlah pelayanan penjangkauan bagi kaum subkultur Shadow of the Cross Indonesia dalam departemen penginjilan kami.
Dari departemen doa, Global Prayer Network, setiap sore kami bertiga (Dave, Novie and Philip) mengambil waktu untuk berdoa syafaat bagi orang-orang yang kami layani dan juga bangsa-bangsa/suku yang terabaikan menggunakan bahan-bahan doa yang kami dapatkan dari rekanan kami PD Timotius, WEC, Open Doors dan Voice of Martyr.
Meski terkesan lambat akibat tidak memiliki tempat dan sumber finansial namun kami tetap tidak putus pengharapan, kami percaya bahwa pasti akan ada terobosan yang akan terjadi. Bila kami mengenang dan merenungkan campur tangan Tuhan dalam pelayanan kami sekeluarga selama ini, kami tahu masa depan itu ada dalam tangan Tuhan. Ada kalanya kami merasa putus asa dan tidak memiliki pengharapan. Kami mengalami tidak adanya makanan, tidak ada uang untuk SPP anak, dan pergumulan lainnya namun Ia tetap setia memelihara kami selama 6 bulan lebih ini. Dalam kelimpahan maupun kekurangan kami belajar mengucap syukur. Ada saja orang yang Tuhan gerakkan untuk menolong atau undangan khotbah atau tulisan yang dicetak hingga kami mendapatkan dana. Ada pula saat dimana putra kami belajar berdoa puasa bersama bukan dengan berat hati namun rela hati. Hingga kami terharu akan sikapnya itu.
Berulang kali Tuhan menguatkan kami melalui saudara-saudara seiman; dua orang hamba Tuhan yang sudah seperti ayah kami sendiri dari Malaysia, Ps Christopher K dari Zoe Ministries dan Ps. Joseph Selva dari Harvest Christian Centre banyak berbicara secara profetis bagi keluarga kami melalui sms dan email. Juga kakak rohani saya, Ko Sam (Samuel Saputra=Jesus Christ Ministries Salatiga), yang banyak memberikan masukan saat datang melayani di kota Bandung beberapa waktu lalu. Pada bulan Desember, Pdt Julianto Simanjuntak sekeluarga berlibur di kota Bandung dan sharing banyak hal tentang pergumulan dia sendiri saat 2 tahun pertama merintis pelayanan LK3 yang saat ini tengah berkembang dengan pesatnya. Awal bulan Januari ini, Pnt Johanes Harjanto, gembala sidang Gereja Oikos Surabaya, bertemu dan mengadakan fellowship dengan saya di tengah kesibukannya dalam pertemuan sinode Gereja Oikos di Apartemen Aston beberapa waktu lalu. Juga telpon, sms dan email dari rekan-rekan pelayanan, orang-orang yang pernah kami layani atau anak-anak rohani/jemaat kami terdahulu (saat menggembalakan GKB Cinta Kasih Bangsa Surabaya).
Kami juga mengucap syukur atas bantuan dan kasih saudara-saudara kami saat akan dan baru pindah. Terutama untuk Ever Sopamena dan Didiek, yang telah membantu kami mengusung dan mengirim barang ke Bandung. Juga keluarga Hotma Simanjuntak SH di Bandung yang menampung kami saat pindah dari Surabaya, menolong kami mencari tempat tinggal, menolong pindahan barang dan menjadi saudara & sahabat dalam suka maupun duka.
Dukungan moril dan pendampingan dari saudara seiman adalah salah satu bentuk support yang membuat kami bisa tetap berdiri dalam Tuhan dan pekerjaanNya dan tidak merasa sendirian. Kami perlu dukungan finansial tetapi itu bukan segalanya. Dukungan motivasi dan doa juga sama pentingnya bagi kami.
Tidak terlupakan ucapan terimakasih atas rekan-rekan seiman yang telah menyisihkan pendapatannya untuk menolong kami secara finansial; Daniel J Susanto, Christopher & Susan, Onggo Susilo(Lung Lung), Stefan Tupamahu, Pnt. Johanes Harjanto, Samuel Saputra (Ko Sam), Jemaat Oikos Surabaya, Henry Tan (Ko Hen), Pdt Julianto Simanjuntak, Magdalena Broos, Gunawan Hartono STh MPM dan para donatur yang tanpa sepengetahuan kami telah memberkati (The Good Samaritan).
Saya pun pada bulan Januari ini baru saja lulus dari salah satu kelas yang diadakan oleh The Prophetic Voice Institute - Amerika Serikat dan meraih Diploma in Discipleship. Selain itu kini saya pun tengah belajar di School of Preparation – NCI – Amerika Serikat untuk Diploma in Biblical Studies dan di Cathedral University untuk Bachelor of Art. Semua pendidikan ini saya dapatkan beasiswa dari tiap universitas, ini hal yang luar biasa, Tuhan selalu membuka jalan bagi tiap anakNya yang dengan tulus berseru padaNya.
Mohon dukungan doa bagi pelayanan ini, agar iman kami di dalam Tuhan tidak pernah surut dan terus maju sesuai pimpinanNya meskipun ada banyak tantangan di hadapan kami. Kiranya setiap bentuk pelayanan kami dapat optimal dan berbuah pada waktuNya. Kerinduan kami melihat setiap orang yang dilayani boleh bertumbuh menjadi murid Kristus dan menjadi alat Tuhan yang mengubah dunia di sekelilingnya.
Kami juga sangat merindukan saudara-saudara seiman yang mau menjadi teman perjalanan pelayanan kami ini. Sahabat dimana kita bisa saling berbagi dan menguatkan dalam Firman Tuhan maupun doa. Kebutuhan lainnya, kami membutuhkan sebuah rumah yang cukup besar di kota Bandung untuk kantor, tempat ibadah dan tinggal bagi keluarga kami pada tahun ini. Rumah kontrakan kami akan habis, pada bulan Juni 2008. Kebutuhan kantor pelayanan, seperangkat komputer & printer dan perlengkapan kantor lainnya(meja kantor, kursi, papan tulis dll), telpon seluler CDMA, gitar akustik dan donatur tetap bagi pelayanan ini.
Bagi saudara-saudara seiman, yang ingin menghubungi kami, bisa mengirimkan email ke davebroos@yahoo.co.uk atau novie_durant@yahoo.com , bisa juga menelpon atau SMS ke 081330135643 dan yang hendak memberkati dapat mengirim dana ke rekening bank BCA Bandung II no. 0081824788 atas nama Dave Broos.
Terimakasih banyak and Tuhan memberkati kita semua. Immanuel!!!!

Tidak ada komentar: